Subscribe:

Ads 468x60px

Selasa, 06 Desember 2011

Obat perut kembung

Perut kembung merupakan penyakit yang sering kita alami. Kondisi ini membuat kita tidak nyaman dengan keadaan, apalagi sampai ditambah nyeri pada lambung. Membuat kita ingin muntah akan tetapi tidak bisa dimuntahkan, nafsu makan kita menjadi hilang dan sering bersendawa. Meskipun kita telah terganggu dengan keadaan begitu akan tetapi banyak diantara kita tidak menghiraukannya. Dan kondisi ini terkadang dapat menjadi parah. Bisa saja kita terkena penyakit maag, tipes, lever, empedu, atau pankreas.

Udara bukan satu-satunya penyebab gejala ini, bisa saja kita telat makan atau salah makan. Ternyata, makanan dan minuman tertentu juga menyebabkan timbulnya gas berlebihan di tubuh kita, seperti sayuran berwarna putih, di antaranya kol dan sawi atau minuman bersoda. Jika kita sering mengkonsumsi makanan dan minuman seperti ini perut akan kelebihan gas. Makanan berlemak lainnya ikut serta dalam gejala ini. Dikarenakan, lemak menghambat pencernaan dalam perut kita dan membuat kita terasa selalu kenyang. Jika dalam kondisi ini kita malah minum-minuman bersoda maka dapat timbul kembung dalam perut kita. Hanya karena pola makan kita salah malah menjadi masalah atau penyakit yang serius sebaiknya kita menjaga pola makan kita agar terhindar dari penyakit dan tetap sehat selalu.

Karena kesalahan kita dalam mengkonsumsi makanan, kembung menjadi bagian gejala dari suatu penyakit. Selama ini banyak orang menganggap gangguan ini sebagai suatu penyakit, apalagi kalau bukan penyakit maag atau gastritis. Padahal, kembung bukanlah suatu jenis penyakit, melainkan hanya gejala dari penyakit yang menyerang lambung. “Jika kita tidak merasa nyaman di daerah ulu hati dan perut terasa penuh, maka kembung yang kita rasakan merupakan tanda-tanda dari penyakit maag atau yang sekarang dikenal dengan istilah dispepsia. Saat mau makan maupun setelahnya, perut terasa kembung. Tapi, kembung bukan hanya gejala dari penyakit maag saja, beberapa penyakit yang tidak kalah serius seperti lever maupun kencing manis juga ditandai oleh gangguan satu ini. Makanya, kita harus memeriksakan diri bila kita terus menerus kembung. ” Bila terlalu sering kembung padahal tidak menderita maag atau mengkonsumsi makanan berlemak dan minuman bersoda, maka kita perlu memeriksakan diri ke dokter. Dikhawatirkan kondisi tersebut merupakan gejala dari penyakit kronis seperti lever, empedu, atau pankreas.”

Ada beberapa usaha untuk menghindari dan menyembuhkan perut kembung, yaitu :
  1. Mencari penyebab pasti dari perut kembung kita.
  2. Kalau kita sakit maag, maka kita harus menyembuhkannya dahulu secara tuntas.
  3. Usahakan untuk makan teratur, walau hanya bisa makan sedikit, asal sering, pasti bisa mencegah kembung.
  4. Biasakan juga, mengurangi dan bahkan berhenti mengkonsumsi makanan berlemak tinggi dan minuman bersoda.
  5. Bila tiba-tiba merasa kembung, jangan stres dan panik. stres berlebihan justru akan bikin kembung kita makin parah (usahakan agar tetap tenang).
  6. Mengkompres perut dengan botol plastik berisi air hangat atau minum sesuatu yang hangat seperti teh manis bisa membantu.
  7. Selain teh hangat, kita bisa minum obat-obatan simethicone sesuai kebutuhan untuk menetralisir gas di lambung.
  8. Menggosokan minyak angin di perut juga cukup ampuh menenangkan kembung. tapi sebaiknya jangan tergantung pada obat-obatan.
  9. Bagaimana pun, penggunaan obat yang dijual bebas di pasaran ada batasnya. paling lama tiga hari saja kita mengkonsumsinya obat-obatan tersebut, tidak lebih. bila dalam tiga hari kita masih merasakan perut kembung, maka kita kudu pergi ke dokter.
  10. Lebih baik periksakan diri ke dokter sehingga kita bisa mengevaluasi kesehatan kita. biarkan dokter mencari tahu penyebab kembung yang kita rasakan terus-menerus! jadi, jangan terlalu paranoid atau terlalu santai bila perut kembung. Kenali dahulu gejalanya, baru deh kita tindak lanjuti…

sumber googeling

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar