Subscribe:

Ads 468x60px

Selasa, 06 Desember 2011

Penyebab Kangker Otak

Kanker otak merupakan penyakit kronis yang timbul karena tumbuhnya kanker di bagian otak selain itu walaupun kanker tersebut termasuk jinak seperti kanker pada daerah tubuh yang lainnya namun kanker tersebut sangat mengganggu dan berpotensi menjadi kanker ganas yang berbahaya bagi kesehatan dan berakibat kematian. Hampir semua tugas bagian tubuh di gerakkan oleh otak, selain itu otak juga bertugas mengingat semua hal yang telah terjadi pada diri kita.

Sebelum kita mengenal penyebab kanker otak mari kita simak terlebih dahulu apa saja sih gejala kanker otak. Karena kanker tersebut menyerang bagian otak, maka akan timbul banyak gejala bagi para penderitanya gejalanya sendiri dapat berupa fisik maupun perilaku. Pada umumnya para penderita kanker otak akan mengalami gejala yang berupa-rupa.

Gejala
- Perubahan perilaku dan kepribadian
- Penurunan kemampuan menilai sesuatu
- Penurunan daya penciuman
- Penurunan daya ingat
- Kelumpuhan pada salah satu sisi tubuh
- Penurunan fungsi mental/kognitif
- Penurunan penglihatan dan radang syaraf mata
- Muntah
- Nyeri kepala
- Kejang-kejang

Penyebab
Untuk penyebabnya sendiri pada umumnya penyakit kanker otak disebabkan karena tumbuhnya kanker di daerah otak namun ada pula yang mengatakan bahwa kanker otak juga dapat timbul karena penularan dari kanker yang satunya menular ke otak. Biasanya kanker yang dominan menular meliputi kanker kanker usus, kanker paru paru, kanker kulit, kanker ginjal dan kanker payudara yang disebut Secondary brain cancer dimana kanker satu menyebar ke bagian organ lainnya.

Sementara itu ada juga primary brain cancer dimana disebabkan oleh perubahan struktur Deoxyribo Nucleid Acid (DNA) sehingga pertumbuhan kanker tidak terkendali. Pemicu perubahan DNA tidak diketahui pasti, namun diduga banyak faktor yang berpengaruh antara lain radiasi, asap rokok dan infeksi virus tertentu. Ada juga penyebab lainnya yaitu dari metabolisme metabolisme asam amino triptofan yang menghasilkan kynurenine dimana kynurenine tersebut berperan dalam tumbuhnya kanker.

Selain itu kanker disebabkan oleh mutasi DNA di dalam sel. Akumulasi dari mutasi-mutasi tersebut menyebabkan munculnya kanker. Sebenarnya sel kita memiliki mekanisme perbaikan DNA (DNA repair) dan mekanisme lainnya yang menyebabkan sel merusak dirinya dengan apoptosis jika kerusakan DNA sudah terlalu berat. Apoptosis adalah proses aktif kematian sel yang ditandai dengan pembelahan DNA kromosom, kondensasi kromatin, serta fragmentasi nukleus dan sel itu sendiri. Mutasi yang menekan gen untuk mekanisme tersebut biasanya dapat memicu tumbuhnya kanker.

Untuk tambahannya, dalam setudi lain mengatakan bahwa radiasi juga berperan dalam tumbuhnya kanker otak. Biasanya dikarenakan radiasi dari handphone yang sering kita gunakan. Untuk mengantisipasinya sebaiknya saat anda tidur usahakan handphon terletak jauh dari anda, jika anda saat bertelefon sebaiknya pula gunakan headset agar radiasi handphone jauh dari kepala anda.

Pencegahan
Adapula pencegahan untuk penyakit ini sebab mencegah akan lebih baik dari pada mengobati yang belum tentu dapat disembuhkan total. Dari sekian banyak penyakit kanker bermunculan namun ada kalanya pencegahan sebelum penyakit tersebut menyerang anda. Caranya dengan pola hidup yang sehat dimana kita bisa rajin olah raga, banyak minum air putih, makan-makanan sehat (sayur-sayuran dan buah-buahan) dan hindari radikal bebas atau kebiasan yang buruk (seperti merokok, miras, obat-obatan dll). Selain itu konsumsi makanan dan minuman yang memiliki kandungan proxeronin merupakan zat yang sangat baik untuk mengontrol pembelahan sek dengan sempurna. Jika anda sudah terkena penyakit ini sebaiknya konsumsi extrak atau teh dari daun sirsak, sebab manfaat daun sirsak sendiri lebih dominan dapat mengatasi penyakit kanker.



sumber: googeling

Tidak ada komentar:

Posting Komentar