Subscribe:

Ads 468x60px

Selasa, 06 Desember 2011

Menurunkan Darah Tinggi dan Obatnya

Menurunkan Darah Tinggi

Sebelum saya membahas tentang tips menurunkan tekanan darah tinggi mari kita ketahui dahulu tentang tekanan darah tinggi itu sendiri. Tekanan darah tinggi merupakan dimana tekanan darah seseorang berada pada tingkat di atas normal. Tekanan darah sistolik normal adalah 120-140 mm Hg. Sementara tekanan darah diastolic normal adalah 85-90 mm Hg. Pada penderita hipertensi, aliran darahnya memiliki tekanan yang tinggi. Aliran darah bertekanan tinggi yang terjadi selama bertahun-tahun itu menyebabkan pembuluh darah rusak. Pembuluh darah pun menjadi tebal, kaku, dan mudah mengalami penyempitan bahkan tersumbat. Bila sumbatan terjadi di pembuluh darah otak, timbullah stroke.

1. Olah raga

Olahraga secara teratur bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Jika Anda menderita tekanan darah tinggi, pilihlah olahraga yang ringan seperti berjalan kaki, bersepeda, lari santai, dan berenang. Untuk jalan kaki usahakan minimal 1.000 langkah setiap harinya.

2. Konsumsi sayuran

Pastikan Anda menambah asupan sayur dalam kehidupan sehari-hari. Cara sederhana ini bisa menghindarkan Anda dari hipertensi. Pernyataan ini didukung oleh sebuah studi dari Feinberg School of Medicine, Northwestern University di Chicago yang menemukan, salah satu dari asam amino yaitu glutamic acid, yang paling umum dijumpai dalam protein sayuran, ternyata bisa menurunkan tekanan darah.

3. Hindari stres

Latihan olah napas dan bermeditasi, seperti yoga atau taichi efektif untuk menurunkan hormon stres. Tingginya hormon stres akan meningkatkan renin, enzim ginjal yang bisa menaikkan tekanan darah. Lakukan latihan napas minimal 5 menit pada pagi dan malam hari. Menarik napas dalam juga akan mengendurkan semua tensi.

4. Bawang putih

Menurut National Onion Association, bawang yang mengandung senyawa organosulfur yang dikaitkan dengan menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Grup nirlaba ini mengatakan, anggota keluarga Allium seperti bawang bombay dan bawang putih juga mengandung alliinase, sejenis enzim yang mempercepat reaksi kimia. Alliinase membantu menciptakan senyawa yang membuat bawang mengandung zat yang membuat keluar air mata dengan aroma dan cita rasanya yang khas.

5. Konsumsi buah

Menjaga tekanan darah tetap normal sangat penting karena tekanan darah tinggi dapat meningkatkan risiko stroke, gagal ginjal dan penyakit jantung. Beberapa buah memiliki khasiat besar dalam mengontrol tekanan darah. Peneliti menemukan bahwa partisipan dengan tekanan darah sistolik lebih besar dari 140 dan diastolik antara 90 dan 99 dengan mengonsumsi magnesium 300 mg selama 12 minggu, mengalami penurunan tekanan darah dibandingkan dengan plasebo. Magnesium banyak terdapat pada buah pisang, apel, jeruk dan pir.

6. Cokelat pekat (dark cokelat)

Pecinta cokelat pasti akan senang, karena kandungan flavonoid dalam cokelat dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan merangsang produksi nitrat oksida. Nitrat oksida membuat sinyal otot-otot sekitar pembuluh darah untuk lebih relaks, dan menyebabkan aliran darah meningkat.





Obat Darah Tinggi

Darah tinggi dapat kita cegah atau dapat pula kita obati. Tentu saja dengan obat, pola makan, dan selalu menjaga kesehatan. Tekanan darah tinggi adalah suatu kondisi medis di mana terjadi peningkatan tekanan darah secara kronis (dalam jangka waktu lama). Gejala-gejala yang akan timbul dari penyakit darah tinggi diantaranya sakit kepala, pendarahan dari hidung, pusing, wajah kemerahan dan kelelahan.

Maka dari itu mari kita bahas tentang obat darah tinggi itu sendiri :

Obat darah tinggi 1
- Ambillah segenggam daun seledri lalu tumbuk sampai halus
- Kemudian campur dengan air matang dan saringlah pada sebuah kain bersih / saringan halus. Usahakan air saringan sampai satu gelas
- Diamkan selama satu jam baru diminum dengan sedikit ampas.
- Minum secara rutin setiap pagi dan sore

Obat darah tinggi 2
- Ambillah 3 buah mengkudu kemudian parut dan peras airnya
- Usahakan airnya sampai satu gelas
- Minum setiap pagi dan sore

Bila sang penderita sudah sampai stadium 2. Kemungkinan besar akan butuh obat tambahan yang datang dalam berbagai bentuk obat. Berikut adalah 4 jenis obat yang Anda mungkin diresepkan:

1. Beta blockers – Ini adalah salah satu obat yang paling umum digunakan tekanan darah tinggi. Dengan mengurangi sinyal dikirim ke pembuluh darah dan jantung oleh sistem saraf tekanan darah diturunkan.

2. Ace Inhibitor – Dengan mencegah tubuh di atas menghasilkan hormon yang membuat kontrak pembuluh darah dan bukannya menjaga mereka dalam keadaan yang lebih santai lagi tekanan darah berkurang.

3. Calcium Channel Blockers – Obat alam ini mencegah kalsium dari mendapatkan ke dalam sel dari jantung dan pembuluh darah sehingga relaksasi pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah tinggi.

4. Angiotensin Reseptor Blockers – Seperti namanya obat ini mencegah hormon angiotensin dari memiliki apapun tidak mempengaruhi pada pembuluh darah dan memungkinkan mereka untuk berkembang.


berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar