Subscribe:

Ads 468x60px

Selasa, 06 Desember 2011

Gejala Stroke

Penyakit yang mematikan ini disebabkan oleh pasokan darah yang menuju ke otak terganggu sehingga berakibat timbulnya penyakit stroke. Sebetulnya jika pasokan darah ke otak tiba-tiba terganggu atau terhambat maka akan menimbulkan banyak reaksi yang terjadi di otak. Sebelum kita bahas gajala apa saja dari penyakit stroke sebaiknya kita telik terlebih dahulu apa sih penyakit stroke itu dan apa penyebabnya.





Penjelasan
Penyakit stroke merupakan penyakit pembuluh otak dimana WHO mendefinisikan bahwa stroke sendiri merupakan gejala kekurangan fungsi susunan saraf diakibatkan oleh penyakit pembuluh darah otak dan bukan oleh yang lain dari itu. Pembuluh darah otak tersebut terjadi kematian jaringan otak yang disebabkan karena kurangnya pasokan darah ke otak atau karena kurangnya oksigen ke otak. Penyebabnya sendiri bisa karena adanya sumbatan, penyempitan atau pecahnya pembuluh darah.

Penderita penyakit ini biasanya jika kronis akan mengakibatkan kematian namun jika si penderita tetap bertahan maka akan terjadi beberapa resiko seperti kelumpuhan, kehilangan sebagian ingatan dan kemampuaan bicaranya. Penyakit mematikan ini juga masih terbagi menjadi dua jenis yaitu Stroke iskemik (tersumbatnya pembuluh darah) dan Stroke hemoragik (pecahnya pembuluh darah otak).

Untuk iskemik dibagi lagi menjadi 3 jenis yaitu Stroke Trombotik (proses terbentuknya thrombus yang membuat penggumpalan), Stroke Embolik (Tertutupnya pembuluh arteri oleh bekuan darah) dan Hipoperfusion Sistemik (Berkurangnya aliran darah ke seluruh bagian tubuh karena adanya gangguan denyut jantung) namun demikian, sebagian besar sekitar 80% penderita stroke tergolong jenis iskemik satu ini.

Sedangkan untuk jenis stroke hemoragik dibagi menjadi 2 yaitu Hemoragik Intraserebral (pendarahan yang terjadi didalam jaringan otak) dan Hemoragik Subaraknoid (pendarahan yang terjadi pada ruang subaraknoid). Untuk penderita jenis stroke hemoragik ini hampir sekitar 70% disebabkan oleh penyakit hipertensi dimana penderita darah tinggi ini menyebabkan pecahnya pembuluh darah otak.

Gejala
Untuk para penderita penyakit strok biasanya akan terjadi komplikasi atau gejala-gejala yang akan timbul. Namun sebaiknya untuk para penderita penyakit stroke lebih berhati-hati sebab walaupun penyakit tersebut sudah sembuh namun akan meninggalkan bekas atau bisa dibilang derita pasca stroke. Namun anda tidak usah khawatir sebab hampir 1/3% penderita dapat pulih total tergantung dengan usaha mereka masing-masing.

Gejala awal stroke
Gejala penyakit stroke sulit dideteksi dari fisiknya, namun tanda-tandanya dapat terlihat dari perilaku si penderita maupun dari si penderitanya sendiri. Untuk gejala awalnya berdasarkan lokasi maka akan sebagai berikut :

Batang otak : pernafasan dan detak jantung terganggu, ekspresi wajah terganggu, lidah lemah, menurun kemampuan mendengar, mengecap, membau, refleks menurun dan melihat parsial atau keseluruhan
Saraf pusat : menurunnya fungsi sensorik, kaku, kelemahan otot (hemiplegia)
Cerebral cortex : kebingungan, hemineglect, daya ingat menurun, apraxia, aphasia

Jika anda mengalami gejala-gejala di atas sebaiknya segera konsultasikan ke dokter sehingga pencegahan lebih dini akan dapat di atasi dari pada mengobati. Selain itu jika gejala di atas hilang dalam kurun waktu 24 jam maka dinyatakan Transient Ischemic Attack (TIA) yang merupakan serangan awal atau serangan kecil stroke.



sumber: googeling

Tidak ada komentar:

Posting Komentar